Ternyata Ini Penyebab Telinga Sakit (sekali) saat Naik Pesawat

November 16, 2017

Ketika pesawat lepas landas, perubahan ketinggian kerap membuat telinga kita sakit. Bagi orang normal, ini bisa diatasi dengan menelan. Tapi, bagi mereka yang sedang menderita hidung mampet karena pilek atau flu, perjalanan di atas ketinggian bisa sangat menyakitkan. Inilah yang saya alami kemarin, baru pertama kali saya merasa kesakitan yang teramat sangat saat naik pesawat bahkan kemarin saya sampai menangis saat landing.

Mulut, hidung, dan telinga diketahui saling berhubungan sebagai saluran udara dan tekanan. Gendang telinga merupakan bagian yang menjadi pembatas antara tekanan udara di luar dengan tekanan di dalam rongga kepala.

Saat tekanan udara di luar tinggi, saluran udara di dalam telinga harus dapat mengalirkan udara dengan tekanan yang sama. Ini bisa dilakukan dengan kegiatan menelan atau berbicara, agar udara bisa didorong ke saluran telinga.

"Bila rongga hidung atau sinus meradang karena pilek atau flu, saluran rongga tersebut ke telinga akan terblokir. Saat tekanan udara ke telinga tersumbat, inilah yang sebabkan telinga sakit," kata seorang kawan saya yang berprofesi sebagai dokter di salah satu rumah sakit swasta di Surabaya.

Keluhan sakit tersebut akan lebih sakit ketika 'landing'. Tapi, ini bisa dicegah dengan mengonsumsi obat mengandung dekongestan naik ke pesawat. "Obat dekongestan akan mengurangi peradangan, jadi keluhan sakit telinga bisa dicegah," pesannya.

Ini merupakan pengalaman baru bagi saya dan bisa menjadi pelajaran untuk perjalanan kami selanjutnya. 😊

You Might Also Like

0 komentar